Sabtu, 24 Maret 2012

TUN UP KARBURATOR


Awalnya, ide ini muncul karena rasa penasaran atas kemampuan vespa yang katanya g bisa lari(motor butut). akhirnya rasa penasaran ini di curahkan pada motor Vespa.   Adapun karb (singkatan dari karburator) menggunakan karburator PX 150. Standardnya, karb ini memiliki lubang venturi(isapan udara) berukuran 18 mm walaupun pada bodi karb tertulis 20 mm. kemudian pilot jet dan main jet menggunakan 48-160.
Ubahan yang saya lakukan sangat sederhana tanpa harus membeli onderdil pengganti, dan terbukti dapat meningkatkan performa dan speed motor vespa sy.
adapun ubahan yang di lakukan yaitu berupa pembesaran (reamer) lubang venturi karb dari 18 mm menjadi 24 mm(setara karb spartan 24 mm). Ubahan ini dilakukan tidak hanya pada lubang venturi bagian luar, namun bagian dalamnya juga. Efek dari perubahan ini yaitu, lidah skep karb standar tidak dapat dipakai lagi dan harus diganti dengan plat almunium setebal 1,5mm yang di model menyerupai lidah skep yang asli namun dengan ukurun berbeda yaitu 24mm(yang asli cuma 18mm).
Setelah melakukan perubahan ini, pilot jet dan main jet pun ikut di sentuh dengan pisau tunnig(kikir dan bor) untuk mendapatkan ukuran sepuyer (bahasa lain dari pilot dan main jet) yang tepat mengingat ukuran spuyer pada karb PX150 sudah terbesar dikelasnya dan sudah tidak ada di jual yang lebih besar lagi.
untuk pilot jet dan main jet, cukup bagian ujungnya yang diperbesar menggunakan mata bor 0,5mm. perubahan ini dirasa sudah cukup besar untuk mengalirkan bensin dengan deras ke blok selinder vespa anda.
berikut beberapa foto yang sempat di abadaikan pada saat tune up ini dilakukan.
selamat mencoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar